Thursday, May 25, 2017

Drone Ini Bisa Beraksi di Bawah Laut


Jakarta - Pengembangan drone kini semakin canggih. Tidak hanya beraksi di udara, bahkan ada drone yang diciptakan untuk beraksi di bawah laut, seperti drone yang satu ini.

Diberi nama BIKI, drone buatan perusahaan asal China, Robosea ini bisa menjadi sahabat bagi traveler yang doyan memotret dan menikmati keindahan bawah laut. Bentuknya pun unik, yakni dibuat menyerupai ikan.
Jika terlihat saat tengah berenang di lautan mungkin traveler mengira ini ikan sungguhan. Saat dilihat dengan seksama, ini bukanlah ikan sungguhan melainkan robot ikan bionik yang digunakan sebagai drone bawah laut.

Drone BIKI diklaim sebagai drone bawah laut bionik pertama di dunia. Ditengok dari situs pendanaan produk inovasi baru, Kickstarter, Kamis (25/5/2017), BIKI membantu traveler untuk mengambil gambar di bawah laut dengan lebih leluasa.

Nyalakan BIKI, masukkan ke dalam air dan traveler bisa mengatur pergeraknnya dengan mudah pakai remote control. Tak perlu lagi memasang casing anti air terlebih dahulu seperti kamera underwater pada umumnya.
BIKI juga didesain untuk dapat mengatur keseimbangan dan menghindar dari benda-benda yang menghalangi jalannya. Gerakannya pun lincah seperti ikan sungguhan, dengan ekor yang bergerak-gerak saat berenang.

Kemampuan merekam gambar pun tak diragukan lagi. BIKI dibekali lensa wide angle 150 derajat, dapat merekam video 4K, memori internal 32 GB dan baterai yang mampu bertahan hingga sekitar 2 jam.

BIKI bisa berenang serta merekam gambar sampai kedalaman 59 meter. Berenangnya pun cepat, jadi kamu bisa diving bersama BIKI dan mengabadikan momen-momen seru serta keindahan alam di bawah laut.

Traveler yang ingin menjajal pakai BIKI harus bersabar karena belum diproduksi masal. Masih dibuka pre-order di situs Kickstarter dengan harga mulai dari USD 549 atau sekitar Rp 7,3 juta. Barang akan mulai dikirim ke pemesan sekitar bulan September 2017 nanti.